header-int

Sejarah Fakultas

Posted by : Administrator
Share

THE STORY OF A DECADE… (2008-2018)

Program studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa Universitas Muara Bungo memulai perkuliahan pertama di semester ganjil  pada tanggal  8 September 2008 dengan jumlah mahasiswa   sebanyak 75 orang yang  terbagi menjadi dua kelas, yaitu pagi dan sore. Perkuliahan  pada masa  itu dilaksanakan di ruangan yang sebelumnya berfungsi  sebagai gedung pemuda milik pemerintah yang kemudian  dikenal sebagai  gedung rektorat Kampus B Rimbo Tengah.  Gedung pemuda tersebut dijadikan ruangan kuliah  untuk kelas pagi dan sore  angkatan tahun  pertama. Penggunaan gedung pemuda tersebut berlangsung sampai dengan tahun 2010.   Adapun untuk kantor fakultas atau dekanat pada masa itu menempati gedung yang sekarang menjadi kantor P2KB Universitas.

Kepemimpinan Fakultas saat itu dijalankan oleh Drs. Makmur, M.Hum yang didukung oleh Fridiyanto, SPdi.,M.PdI (alumnus Pendidikan Bahasa Inggris-IAIN Jambi) sebagai wakil dekan I, Sufiyandi, S.Pd (alumnus Pendidikan Bahasa Inggris-UNJA) sebagai wakil dekan II, dan Hariman Arief, S.Pd (alumnus Pendidikan Bahasa Inggris -UNJA) sebagai wakil dekan III. Adapun kepemimpinan Program studi saat itu  diketui oleh Ilham Markiyani, S.Pd (alumnus Pendidikan Bahasa Inggris-UNJA) dan Vera Magria, S.Hum (alumnus Bahasa dan Sastra Inggris UBH-Padang) sebagai sekretaris program studi dengan beberapa orang dosen tetap, yaitu Dodi Oktariza, S.S (alumnus Bahasa dan Sastra Inggris-STBA Prayoga Padang), Yuli, S.S (alumnus Bahasa dan Sastra Inggris-UNAND), dan Ana Diana, S.Pd (alumnus Pendidikan Bahasa Inggris-UNJA)

Kepemimpinan Ilham Markiyani, S.Pd  berjalan sampai dengan tahun 2009/2010. Selanjutnya, dalam tahun ajaran 2009/2010  semester genap kepemimpinan program studi dilanjutkan oleh Vera Magria, S.Hum dan  Dodi Oktariza, S.S. sebagai sekretaris program studi.  Kepemimpinan Vera Magria, S.Hum  sebagai ketua program studi berjalan sampai dengan berakhirnya tahun ajaran 2009/2010 yang kemudian dilanjutkan oleh Dodi Oktariza, S.S sebagai ketua program studi Sastra Inggris untuk  tahun ajaran 2010/2011 dengan dibantu oleh Opi Techy Derismaputri, S.S.,M.Pdi, dosen tidak tetap yang diberi amanah sebagai sekretaris program studi.

Sehubungan dengan adanya kesempatan untuk melanjutkan studi program doktoral oleh Bapak Makmur  ke  Belanda  maka kepemimpinan beliau terhenti pada tahun 2009, dan kepemimpinan fakultas hanya dilanjutkan oleh wakil dekan I sampai dengan tahun 2010 disebabkan wakil dekan I saat itu juga  lulus dalam test CPNS di Kemenag sebagai dosen UIN MEDAN.

Kegiatan yang sifatnya mendukung suasana  akademik maupun kemahasiswaan mulai menggeliat semenjak tahun kedua berdirinya program studi Sastra Inggris seiring masih cukup  banyaknya mahasiswa yang tergabung di program studi sehingga semakin memperkuat  semangat berkegiatan mahasiswa saat itu. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa  pada masa itu diantaranya English club, diskusi bersama mahasiswa asing dari Australia,  kuliah umum sastra, bedah puisi, bedah novel, dan seminar nasional UU BHP Pendidikan dengan mendatangkan para pemateri yang memang pakar di bidangnya.

Pada tahun 2009 dan 2010 sejumlah dosen tetap melanjutkan studi S2 di program pasca sarjana diantaranya Hariman Arief, S.Pd (program  magister teknologi pendidikan  UNJA), Sufiyandi, .S.Pd (program  magister Pendidikan Bahasa Inggris UNP), Dodi Oktariza, S.S, (Program Magister Ilmu Linguistik FIB- UNAND),  dan Vera Magria, S.Hum (program magister Ilmu Linguistik  FIB-UNAND). Usaha tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas keilmuan para dosen  yang ada di program studi.

Sekitar pertengahan  tahun 2011, fakultas bahasa selanjutnya dipindahkan ke kampus A Sei.Binjai dengan  mengalami  perubahan struktur organisasi  yang cukup signifikan.  Pada masa itu, fakultas dipimpin oleh  Sufiyandi, S.Pd, sebagai Dekan Fakultas, Vera Magria, S.Hum sebagai wakil dekan I , Hariman Arief, S.Pd sebagai wakil Dekan II, dan Dodi Oktariza, S.S  sebagai wakil dekan III. Sementara itu, kepemimpinan program studi digantikan oleh Asridayani, S.S (alumnus Sastra Inggris-UISU Medan) yang diangkat sebagai  dosen tetap pada akhir tahun 2010.

Pada tahun akademik 2012/2013,  fakultas kembali mengalami perubahan struktur organisasi untuk ketiga kalinya. Fakultas pada saat itu kedatangan seorang dosen PNSD yang sebelumnya mengajar di STKIP Merangin, yaitu Bapak  Drs. Sulaiman, MPd. Dengan jabatan fungsional beliau yang telah lektor kepala maka beliau diberi amanah untuk menjadi pimpinan fakultas (Dekan) dengan dibantu oleh  Hariman Arief sebagai wakil dekan akademik dan kemahasiswaaan, dan Vera Magria, S.Hum sebagai wakil dekan umum dan keuangan.  Sementara itu, Ketua program studi kembali dijalankan oleh Dodi Oktariza, S.S dan Asridayani, S.S sebagai sekretaris program studi. Pada tahun berikutnya, yakni 2013, program studi berhasil mendapatkan status terakreditasi oleh BAN-PT  untuk pertama kalinya dengan peringkat C.

Selanjutnya,  pada akhir  tahun 2015 program studi mendapatkan tenaga tambahan dua orang dosen tetap  yang salah satu diantaranya adalah alumni dan lulusan terbaik angkatan pertama  program studi, sendiri, yakni Rini Afrilesa, S.S.,M.Hum (  alumnus program magister ilmu linguistik FIB-UNAND)  dan Dedi Efendi, S.S.,M.Hum (alumnus Bahasa dan Sastra Inggris UIN Jakarta dan program magister linguistik terapan  UNJ Jakarta).

Dalam tahun akademik 2016/2017 seiring dengan habisnya masa jabatan struktural di bawah kepimpinan bapak Drs. Sulaiman, M.Pd sebagai dekan, maka fakultas kembali mengalami perubahan struktural dengan formasi yang dianggap lebih efisien, yaitu dekan dan ketua program studi. Kepimpinan fakultas (Dekan) terhitung Maret 2017 s/d Maret 2021  diamanahi kepada Dodi Oktariza, S.S.M.Hum dan ketua program studi diamanahi kepada Dedi Efendi, S.S.,M.Hum Seiring berjalannya waktu, program studi senantiasa  meningkatkan kualitas dan eksistensinya, khususnya dalam  tri dharma perguruan tinggi dengan beberapa  capaian di antaranya  meningkatnya  jumlah kualifikasi dosen dengan jabatan fungsional, bertambahnya  jumlah penelitian dan publikasi hibah dikti, meningkatnya  jumlah dosen bersertifikat pendidik dan reakreditasi prodi.

Berkat rahmat Allah dan kerjasama yang solid dari seluruh element di fakultas maupun universitas,  pada  awal bulan Mei 2018 program studi berhasi mendapatkan pengakuan resmi dari BAN-PT melalui SK dan Sertifikat Terakreditasi “B” untuk lima tahun kedepan yang akan selalu  menjadi  kado terindah yang tercatat dengan  tinta emas sepanjang sejarah  berdirinya program studi Sastra Inggris Universitas Muara Bungo…

Unidha Selamat Datang di Website FAKULTAS BAHASA UNIVERSITAS MUARA BUNGO
© 2021 Universitas Muara Bungo Follow Universitas Muara Bungo : Facebook Twitter Linked Youtube