header-int

Sambutan Dekan Fakultas Bahasa

Posted by : Administrator
Share

Dodi Oktariza, S.S., M.Hum

Assalamu’alaikum wrwb

Fakultas Bahasa bernaung di bawah Universitas Muara Bungo (UMB) yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Mandiri Bungo saat ini memiliki satu program studi, yakni   Sastra Inggris dengan Keputusan Dikti No. 081/D/O/2008 tanggal 22 Mei 2008 ralat No. 199/D/O/2008 tanggal 22 September 2008. Sampai saat ini, program studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa  tercatat sebagai satu-satunya program studi yang mengkaji bahasa, sastra, dan budaya Inggris pada level perguruan tinggi yang ada di wilayah Jambi bagian barat. Selain itu, semenjak September 2014, program studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa Universitas Muara Bungo telah tergabung menjadi anggota asosiasi studi Inggris se-Indonesia atau disebut dengan ESAI (English Studies Association in Indonesia) sebagai sebuah asosiasi skala nasional dari program studi yang mengkaji tentang bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa Inggris.

Pada bulan Agustus tahun 2013 program studi sastra Inggris fakultas Bahasa Universitas Muara Bungo berhasil mendapatkan pengakuan resmi dari BAN PT sebagai program studi yang terakreditasi disebabkan karena  telah memenuhi kriteria stándar mutu internal sesuai dengan estándar nasional pendidikan tinggi. Pada tahun ini pun, tim fakultas dan program studi  dalam proses yang intensif mempersiapkan reakreditasi yang dicanangkan selesai pada tahun 2018 dengan harapan mendapatkan peringkat yang lebih baik, yakni “B”

Selain menyelenggarakan proses rutin kegiatan akademik maupun non-akademik, sampai hari ini pihak fakultas terus berusaha menumbuhkembangkan seluruh potensi yang ada di fakultas, baik dosen maupun mahasiswa dan potensi lainnya berupa sarana dan prasarana yang secara prinsip dapat mendukung pengembangan fakultas menjadi  lebih baik berbasiskan mutu. Salah satu program pengembangan yang akan terus dilakukan adalah menghasilkan lulusan yang kompeten dalam penguasaan bahasa Inggris sesuai dengan mata kuliah yang tersedia di prodi  dibuktikan dengan sertifikat kompetensi dari badan nasional sertifikasi profesi (BNSP) sehingga para lulusan dapat bersaing dalam pasar kerja global.  Dalam mendukung program tersebut, pihak  fakultas akan terus mendorong agar bertambahnya  jumlah asesor kompetensi BNSP dalam bidang bahasa Inggris yang ada di fakultas untuk memudahkan proses uji kompetensi dengan didampingi oleh asesor dari perguruan tinggi lain.

Selain itu,  pihak fakultas juga akan terus menumbuhkembangkan unit-unit kerja yang ada di fakultas di antaranya optimalisasi badan penjamin mutu fakultas sebagai badan pengawas  dari  berjalannya stándar mutu internal fakultas maupun lulusan. Di samping itu, penyelenggaraan dari sebuah layanan laboratorium bahasa berbasiskan  pelatihan bahasa Inggris bagi dosen dan mahasiswa maupun masyarakat umum kiranya perlu ditingkatkan.   Selain itu, kehadiran Pusat studi bahasa dan kesusastraan (Pusaka) serta jurnal berbasis on line atau OJS ”Krinok” sebagai media publikasi bagi hasil riset dosen maupun mahasiswa menambah kekuatan untuk pengembangan fakultas ke depan.

Dengan komitmen dan semangat kebersamaan serta kerjasama yang baik dari seluruh elemen yang ada fakultas rasanya tidak berlebihan bagi fakultas bahasa menjadi salah satu fakultas yang terbaik di Universitas Muara Bungo dan mampu mensejajarkan diri dengan fakultas sejenis pada level nasional 

Wassalamualaikum Wr, Wb, Terima kasih.

ttd

Dodi Oktariza, S.S., M.Hum

Dekan Fakultas Bahasa

Unidha Selamat Datang di Website FAKULTAS BAHASA UNIVERSITAS MUARA BUNGO
© 2021 Universitas Muara Bungo Follow Universitas Muara Bungo : Facebook Twitter Linked Youtube